Kodim 1711 Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Bela Negara

Boven Digoel – Kodim 1711/BVD menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan hari Bela Negara Ke-71 Tahun 2019 di lapangan upacara Makodim 1711/BVD. Bertindak sebagai inspektur upacara Dandim 1711/BVD Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., dan Pasiops Kodim 1711/BVD bertindak sebagai Komandan Upacara, pada Kamis, (19/12/19).

Membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia, Dandim mengatakan, “Dalam beberapa tahun yang lalu kita telah dan akan terus membangun segala infrastruktur yang diperlukan untuk kemajuan bangsa, mencetak lapangan kerja, mendorong peningkatan sumber daya pembangunan dan mereformasi birokrasi pemerintahan. Namun sekali lagi, faktor yang paling utama tetaplah SDM yang unggul demi kemajuan Indonesia”, ujarnya.

“Tanpa sikap dan perilaku bela Negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang di cita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa. Maka jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus-menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari berbagai profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh undang-undang”, tuturnya.

“Kedepannya, kita semua mengharapkan agar aksi Nasional bela negara di segenap gatra kehidupan Nasional dapat semakin terstruktur, sistematif dan massif dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya”, terangnya.

Bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik.

Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita. Yang mengabarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang dan bertanggungjawab. Yang menjalankan usaha, tingkatkanlah terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan negara.

Demikian pula segenap masyarakat dengan beragam profesinya, jadikan bidang profesi masing-masing sebagai ladang bela negara.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi dan memberkati segala kesadaran, upaya dan kebersamaan bangsa kita dalam mencapai segenap tujuan dan cita-cita kemerdekaan menuju Manusia Indonesia Paripurna berdasarkan Pancasila”, tutupnya.